Tuesday, July 21, 2015

Pengertian Do'a


Do'a adalah kebutuhan ruhiyah setiap manusia dalam hidupnya. Do'a merupakan sarana untuk mengadukan segala persoalan hidup dan memohon pertolongan Allah swt, doa merupakan sarana yang efektif dan powerful untuk mengadukan segala permasalahan yang kita alami dan memohon ditunjukkan jalan keluarnya.
Do'a adalah sarana yang disediakan Allah bagi kita untuk memohon pertolongan kepada-Nya. Allah menjanjikan akan mengabulkan permohonan orang-orang yang berdoa kepada-Nya.
Bukankah Al-Qur'an telah menegaskan dalam surat Al-Baqarah [2]: 186.

وَاِذَاسَاَلَكَ عِبَادِيْ عَنِّيْ فَاِنِّيْ قَرِيْبٌ، اُجِيْبُ دَعْوَةَالدَّاعِ اِذَادَعَانِ فَلْيَسْتَجِيْبُوْالِيْ وَلْيُؤْمِنُوْابِيْ لَعَلِّهُمْ يَرْشُدُوْنَ

"Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi perintah-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka memperoleh petunjuk. " (QS. Al-Baqarah [2]: 186)

Do'a adalah pendamping yang kokoh dan strategis untuk menghadapi segala macam ujian dan tantangan. Doa adalah senjata yang ampuh untuk berjuang meraih kesuksesan di dunia dan akherat. Sungguh merugi orang-orang yang tidak menyadari dan memanfaatkan kekuatan doa. Apalagi orang-orang yang sombong, dirinya merasa tidak membutuhkan doa.
Al-Qur'an mengancam dengan neraka orang-orang yang menyombongkan diri. Alloh berfirman dalam (Qs Al-Mukmin [40]:60). 

Berikut dibawah ini daftar do'a yang mudah-mudahhan bisa bermanfaat buat kawan-kawan semua:
  1. Do'a agar dimudahkan dalam mencari ilmu (Belajar)

Share this

0 Comment to "Pengertian Do'a"

Post a Comment