Tuesday, December 5, 2023

MATERI PERKENALAN KOMPUTER UNTUK ANAK SD

MATERI PERKENALAN PERANGKAT KOMPUTER UNTUK ANAK SD

Assalaa'mualaikum.wr.wb

Alangkah baiknya anak SD dikenalkan terhadap perangkat komputer, terutama yang sering terlihat. Biar kedepannya anak tersebut tidak gaptek, adapun manfaatnya agar supaya anak tersebut mempunyai keinginan agar mereka ingin bisa mengoperasikan komputer.

Materi ini untuk anak SD semua kelas, dan sudah mulai diajarkan di usia kelas 1 SD. Dari mengenal nama-nama perangkat keras yang sering mereka lihat, mereka (baca: siswa) akan lebih mudah mengetahui fungsi tiap perangkat keras yang diajarkan gurunya.

Dengan mengetahui fingsi masing-masing perangkat keras komputer yang sering mereka lihat, para siswa diharapkan mampu menggunakan prangkat-perangkat keras komputer tersebut.


Beberapa perangkat keras komputer yang umumnya mudah terlihat yaitu:

a. Monitor

Gambar : Monitor

Monitor merupakan perangkat yang sangat erat hubungannya dengan Pc atau komputer. Fungsi monitor sendiri untuk menampilkan gambar atau objek yang telah dikelola dalam proses komputasi di sistem operasi komputer.

Monitor merupakan perangkat keras komputer yang paling mudah terlihat, karena biasanya ditempatkan di meja yang otomatis perangkat keras ini keberadaanya paling mencolok.

Perangkat keras ini harus diperkenalkan kepada siswa sekolah dasar, dijelaskan fungsinya, dan diberitahukan berbagai jenisnya.

b. Keyboard

Gambar : Keyboard


Perangkat keras yang fungsinya untuk mengetikan berbagai jenis text ini, mudah sekali terlihat, terutama pada saat orang sedang mengetik.

Selain monitor, perangkat keras kedua yang mudah sekali terlihat adalah keyboard. Biasanya ada monitor maka ada pula keyboard.

Perangkat keras ini harus diperkenalkan kepada siswa sekolah dasar, dijelaskan secara fungsinya, termasuk penjelasan mengenai macam-macam jenis keyboard.


c. Mouse

Gambar : Macam-macam Mouse

Mouse adalah perangkat yang digunakan untuk menggerakkan pointer atau kursor di layar monitor guna menjalankan suatu perintah. Mouse merupakan alat input yang mana pengguna komputer dapat melakukan pergerakkan pointer di layar monitor melalui pergerakkan mouse.

Mouse juga merupakan perangkat keras komputer yang mudah terlihat oleh anak-an. ak, jadi perangkat ini harus dijelaskan kepada anak-anak mengenai fungsinya, termasuk jenis-jenisnya.


d. Cassing

Gambar : Macam-macam casing komputer


Casing adalah rumah bagi perangkat keras utama komputer. Di dalamnya terdapat motherboad dengan processor dan memory. Casing juga menjadi tempat mendudukkan hard disk dan cd-rom drive. Selain sebagai pelindung fisik, casing yang baik juga berfungsi sebagai penyalur panas yang dihasilkan komponen elektronika komputer.

Perangkat keras yang sering terlihat oleh anak-anak selain monitor, keyboard, dan mouse adalah cassing tempat perangkat keras utama komputer. Ini juga harus dijelaskan.


Diantara banyaknya perangkat keras komputer, yang mudah terlihat kurang lebih ada 4 perangkat keras yaitu monitor, keyboard, mouse dan cassing. Karenanya empat perangkat keras tersebut harus mendapat prioritas untuk dijadikan materi pengenalan hardware komputer bagi anak-anak usia sekolah dasar.

Share this

0 Comment to "MATERI PERKENALAN KOMPUTER UNTUK ANAK SD"

Post a Comment