Monday, June 3, 2019

Asma'ul Husna

1. Pengertian al-Asma'u al-Husna
         Al-Asma'u al-Husna terdiri atas dua kata, yaitu asma yang berarti nama-nama, dan husna yang berarti baik atau indah. Jadi, al-Asma'u al-Husna dapat diartikan sebagai nama-nama yang baik lagi indah yang hanya dimiliki oleh Allah Swt. Sebagai bukti keagungan-Nya. Kata al-Asma'u al-Husna diambil dari ayat al-Qur'an Q.S. Taha/20:8 yang artinya, "Allah Swt. tidak ada tuhan melainkan Dia. Dia memiliki al-Asma'u al-Husna (nama-nama baik)".

2. Dalil tentang al-Asma'u al-Husna
    a. Firman Allah Swt. dalam Q.S. al-A'raf/7:180


وَلِلّٰهِ الْاَسْمَاۤءُ الْحُسْنٰى فَادْعُوْهُ بِهَاۖ وَذَرُوا الَّذِيْنَ يُلْحِدُوْنَ فِيْٓ اَسْمَاۤىِٕهٖۗ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ
              Artinya: "Dan Allah Swt. memiliki asma'ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan (menyebut) nama-nama-Nya yang baik itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang mereka kerjakan." (Q.S. al-A'raf/7:180)
          Dalam ayat lain dijelaskan bahwa al-Asma'u al-Husna merupakan amalan yang bermanfaat dan mempunyai nilai yang tak terhingga tingginya. Berdo'a dengan menyebut al-Asma'u al-Husna sangat dianjurkan menurut ayat tersebut.

   b. Hadis Rasulullah Saw yang diriwayatkan Imam Bukhari

عَنْ اَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ اَنَّ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : اِنَّ لِلّهِ تِسْعَةً وَتِسْعِيْنَ اِسْمًا مِائَةً اِلاَّوَاحِدًا مَنْ اَحْصَاهَا دَخَلَ الجَنَّةَ. رواه البخري

         Artinya : "Dari Abu Hurairah RA. sesungguhnya Rasulullah SAW. bersabda : sesungguhnnya Allah SWT mempunyai sembilan puluh sembilan nama, seratus kurang satu, barang siapa yang menghafalkannnya, maka ia akan masuk surga". (H.R. Bukhari)


Share this

0 Comment to "Asma'ul Husna"

Post a Comment