KOMPETENSI DASAR (KD) 3.1 Mendiskusikan unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang, tekstur, dan ruang.
Pengertian desain menurut JB Reswick adalah:
kegiatan kreatif yang melibatkan penciptaan sesuatu yang baru dan berguna yang
tidak ada sebelumnya. Lebih lanjut Yasraf menjelaskan, dengan demikan desain
merupakan kegiatan kreatif-progresif dengan produk, yang produk akhirnya adalah
kebaruan dan perbedaan. (Piliang, 2008: 384).
Menyimpulkan apa yang dinyatakan oleh dua
ahli diatas tampaknya sudah jelas bahwa Desain adalah suatu proses kreatif yang
menghasilkan produk berguna bahkan tidak ada sebelumnya. Tampaknya desain
adalah kegiatan merancang dan selalu merujuk kesana. Bahkan kata desain
sepadan dengan kata perancangan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Pengertian Grafis
Grafis adalah bentuk komunikasi visual yang
dirancang dengan menggunakan kombinasi koordinat titik-titik dan garis sebagai
media untuk menyampaikan informasi secara efektif. Umumnya orang menyebut
istilah grafis dengan gambar. Grafis atau gambar dapat menjadi fungsional dan
sebagai seni artistik dengan menginformasikan, menggambarkan keadaan atau
kepentingan tertentu melalui rancangan, proses dan hasil produksi yang dikenal
dengan istilah desain grafis.
Pengertian Desain Grafis
Pengertian desain grafis adalah adalah
kegiatan kreatif untuk menciptakan karya yang fungsional dan estetis untuk berbagai
jenis media yang proses komunikasinya tidak hanya mengandalkan teks, justru
cenderung lebih banyak menggunakan unsur visual. Desain grafis adalah suatu
proses (kata kerja) sekaligus hasil dari proses itu sendiri (kata benda).
Desain grafis lebih dari apa yang telah
dijelaskan diatas. Pengertian desain grafis terus berkembang mengikuti siklus
masa, karena bidang ini adalah salah satu bidang studi yang paling cepat dalam
beradaptasi terhadap perkembangan zaman. Jenis produk yang dihasilkannya juga semakin
beragam, tidak hanya terbatas pada media cetak.
Desain grafis menghasilkan produk visual
seperti:
1. Brosur
2. Tata letak majalah
3. Cover Buku
4. Logo
5. Antarmuka website
6. Antarmuka aplikasi ponsel, dsb.
Unsur-unsur desain grafis
Ibarat memasak menu yang spesial, ada
komposisi bahan-bahan, serta cara meramu yang khusus dalam menghasilkan
hidangan yang lezat. Demikian juga dengan desain grafis. Ada unsur-unsur yang
harus dipahami oleh desainer grafis agar dapat menghasilkan komposisi desain
yang estetik, harmonis, komunikatif dan menyenangkan untuk dinikmati audiens.
Unsur-unsur tersebut di antaranya, garis
(line), ilustrasi (ilustration), tipografi (typografi), warna (color), gelap
terang (value), tekstur (texture), dan ruang.
Garis
Garis adalah tanda untuk menghubungkan dua
titik. Berbagai jenis garis muncul di mana-mana. Lihatlah di sekitar Anda dan
Anda akan melihat baris yang lurus, lengkung, berbelok-belok, tipis, tebal, dan
titik-titik.
Garis dapat digunakan untuk:
•
Mengatur informasi.
•
Penekanan kata.
•
Menghubungkan informasi.
• Outline
foto .
• Membuat
kotak.
• Membuat
bagan atau grafik.
• Membuat
pola atau ritme dengan membuat banyak baris.
• Membuat
penekanan langsung ke mata pembaca. (Membuat garis diagonal.)
•
Mensugesti emosi.
Ilustrasi
Merupakan unsur grafis yang sangat vital dan
dapat disajikan mulai dari goresan atau titik sederhana sampai dengan kompleks.
Ilstrasi berfungsi untuk :
–
Menarik perhatian
–
Merangsang minat pembaca
terhadap keseluruhan pesan
–
Memberikan ekplanasi atas pernyataan
–
Menonjolkan keistimewaan daripada produk
–
Memenangkan persaingan
–
Menciptakan suasana khas
–
Dramatisasi pesan
–
Menonjolkan suatu merk atau semboyan dan mendukung judul iklan
Ilustrasi dapat berupa gambar, foto, maupun
garfis lainnya. Gambar merupakan penjelasan yang dapat menerjemahkan isi iklan
secara menyelururh, mempu menarik perhatian sekaligus menangkap pandangan
secara sepintas.
Ilustrasi dapat dihasilkan melalui beberapa
teknik, yaitu :
a. Gambar Tangan (Hand Drawing)
Ilustrasi gambar tangan dibuat secara
keseluruhan menggunakan tangan, dengan memberikan ekspresi dan karakter
tertentu untuk mendukung media komunikasi grafis yang dibuat, seperti iklan,
poster, baliho, dan sebagainya.
a.
Fotografi
Ilustrasi berupa foto dihasilkan dengan
teknik fotografi menggunakan kamera, baik manual maupun digital. Foto yang
dihasilkan dengan kamera digital memungkinkan adanya pengolahan lebih lanjut,
langsung tanpa scanning di komputer untuk memberikan ekspresi ataupun ilustrasi
tertentu sesuai keinginan. Obyek fotografi menjadi lebih realistis, ekslusif,
dan persuasif. Dalam keanyataan teknik hand drawing dan teknik fotografi dapat
digabung.
Tipografi
Tipografi merupakan seni dalam merancang,
menyusun dan memodifikasi huruf. Tipografi melibatkan beberapa pengaturan pada
huruf seperti ukuran huruf, jenis huruf, tracking (jarak antar huruf secara
umum), kerning (jarak antar dua huruf yang spesifik), dan leading (jarak antar
baris).
Warna
Warna dalam layout dapat menyampaikan moods, membuat gambar, menarik perhatian, dan mengidentifikasi objek. Ketika memilih warna untuk publikasi atau halaman web, tentang apa yang ingin Anda lakukan dan ke warna apa yang cocok untuk tujuan anda.
Warna dapat digunakan untuk:
• Sorot
elemen penting dan utama seperti subheads.
• Menarik
mata.
• Sinyal
di mana pembaca untuk melihat terlebih dahulu.
• Membuat
gambar atau moods.
•
Mengatur.
• Bersama
kelompok elemen atau mengisolasi mereka.
•
Memprovokasi emosi.
Gelap terang
Salah satu cara terbaik untuk memudahkan
unsur penangkapan pesan dalam visual grafis adalah dengan mengatur gelap dan
terangnya. Ada dua pembagian dalam kategori ini, yaitu Low Contrast Value yang
berarti penggunaan warna-warna yang kurang kontras. Visual yang dihasilkan akan
cenderung kalem, statis, dan sederhana serta tenang. Sedangkan yang kedua
adalah High Contrast Value, yaitu penggunaan warna-warna kontras dengan
ekstrim, sehingga menghasilkan visual yang enerjik, ceria, dinamis, dramatis,
dan penuh gairah.
Berdasarkan nilai dalam gelap dan terangnya,
warna dibagi menjadi beberapa tingkatan. Paling terang adalah warna putih,
kemudian warna tergelap adalah hitam.
Aturannya, warna gelap akan terbaca jika
ditempatkan pada background terang.
Begitu pula sebaliknya, warna terang akan sangat mudah terbaca jika ditempatkan pada backgroundgelap.
Tekstur
Tekstur merupakan nilai raba atau lebih
mudahnya adalah halus dan kasarnya sebuah permukaan benda. Dalam desain grafis,
penggunaan tekstur dapat dimayakan untuk memberikan visual yang lebih
berkarakter. Tekstur sering digunakan untuk mengatur keseimbangan dan kontras
dalam sebuah desain komunikasi visual.
Tekstur dapat digunakan untuk:
•
Memberikan publikasi cetak, presentasi, atau halaman web yang mood atau
kepribadian.
• Kontras
untuk membuat bunga.
•
Bermain-main mata.
•
Memprovokasi emosi.
• Membuat
rasa kekayaan dan mendalam
Ruang
Ruang adalah jarak antara atau daerah atau
sekitar sesuatu. Memisahkan ruang atau unifies, highlight, dan memberikan mata
visual istirahat.
Ruang dapat digunakan untuk:
•
Memberikan mata visual istirahat.
• Membuat
hubungan antara unsur-unsur.
• Sorot
salah satu elemen.
• Menaruh
banyak spasi sekitar yang penting untuk memanggil perhatian kepadanya.
• Membuat
layout mudah untuk mengikuti.
• Membuat
tipe dibaca mungkin.
Keterampilan Seni Visual
• Ilmu
yang termasuk dalam seni visual antara lain adalah fotografi dan digital
imaging.
Tipografi
•
Tipografi merupakan seni dalam merancang, menyusun dan memodifikasi huruf.
Tipografi melibatkan beberapa pengaturan pada huruf seperti ukuran huruf,
jenis huruf, tracking (jarak antar huruf secara umum), kerning (jarak antar dua
huruf yang spesifik), dan leading (jarak antar baris).
Tata Letak
• Tata
letak adalah seni dalam menyusun elemen (konten) yang ada pada sebuah halaman,
seperti penempatan gambar dan teks. Ketrampilan ini umumnya digunakan dalam
media cetak seperti majalah, buku, koran, tabloid, dsb. Tata letak pada sebuah
media cetak yang baik akan menambah kenyamanan pembacanya.
Desain Interaksi
• Sejak
perkembangan dunia teknologi informasi, para desainer grafis mulai berperan
dalam merancang tampilan perangkat lunak (Antarmuka Pengguna Grafis atau APG
(Inggris: Graphical User Interface (GUI))) dan tampilan dari halaman web.
Desainer grafis bekerja sama dengan pengembang situs web atau pengembang
perangkat lunak dalam merancang tampilan untuk meningkatkan kenyamanan pengguna
saat menggunakan perangkat lunak atau mengunjungi halaman web.
Peralatan desain grafis
•
Peralatan utama yang digunakan dalam desain grafis adalah pikiran (ide).
Disamping teknologi (komputer) sebuah desain grafis yang baik membutuhkan
kreatifitas.
• Pada
pertengahan 1980, kedatangan desktop publishing serta pengenalan sejumlah
aplikasi perangkat lunak grafis memperkenalkan satu generasi desainer pada
manipulasi image dengan komputer dan penciptaan image 3D yang sebelumnya adalah
merupakan kerja yang susah payah. Desain grafis dengan komputer memungkinkan
perancang untuk melihat hasil dari tata letak atau perubahan tipografi dengan
seketika tanpa menggunakan tinta atau pena, atau untuk mensimulasikan efek dari
media tradisional tanpa perlu menuntut banyak ruang.
• Seorang
perancang grafis menggunakan sketsa untuk mengeksplorasi ide-ide yang kompleks
secara cepat, dan selanjutnya ia memiliki kebebasan untuk memilih alat untuk
menyelesaikannya, dengan tangan atau komputer.
Contoh Software desain grafis
Desktop publishing
• Adobe
Photoshop
• Adobe
Illustrator
• Adobe
Indesign
•
Coreldraw
• GIMP
•
Inkscape
•
Macromedia Freehand
• Adobe
image ready
•
CorelDraw
• Adobe
Page Maker
• Paint
Tool SAI
Webdesign
• Adobe
Dreamweaver
•
Microsoft Frontpage
• Notepad
• Adobe
Photoshop
•
macromedia firework
Audiovisual
• Adobe
After Effect
• Adobe
Premier
• Final
Cut
• Adobe
Flash atau sebelumnya Macromedia Flash
• Ulead
Video Studio
• Magic
Movie Edit Pro
• Power
Director
•
Rendering 3 Dimensi
• 3D
StudioMax
• Cinema
4d
• Maya
• AutoCad
• Google
SketchUp
• Light
Wave
• Blender
•
Softimage
0 Comment to "DASAR DESAIN GRAFIS KELAS X"
Post a Comment